Perpustakaan | IAIN Pekalongan

Sejarah

E-mail Print PDF

SEJARAH PERPUSTAKAAN STAIN PEKALONGAN

Perpustakaan dalam lingkup dunia pendidikan terutama di jenjang Perguruan tinggi merupakan jantung yang memainkan peranan penting dan menentukan bagi kelangsungan proses belajar mengajar sertapengembangan dunia akademik, karena membantu Perguruan Tinggi mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Menyadari hal tersebut maka keberadaan perpustakaan sangat dibutuhkan.

Secara historis Perpustakaan STAIN Pekalongan, bermula dari Perpustakaan Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo di Pekalongan dengan gedung sederhana serta jumlah koleksi dan tenaga pengelola yang terbatas. Seiring dengan perubahan status dari Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo di Pekalongan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan pada tahun 1997, maka perpustakaan Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo ikut berubah status menjadi Perpustakaan STAIN Pekalongan.Usaha-usaha untuk memajukan dan meningkatkan perpustakaan kian menunjukan perkembangan yang cukup berarti. Perpustakaan STAIN Pekalongan ruangan sempit, mulai tahun 2000 Perpustakaan pindah ke gedung baru yang lebih luas. Namun demikian dengan perkembangan jumlah mahasiswa yang cenderung bertambah dari tahun ke tahun, gedung yang ada pun kurang kondusif dan representatif lagi untuk kegiatan membaca maupun bentuk-bentuk kegiatan yang lain.

Berangkat dari hal itu, maka dibangun sebuah gedung baru dengan ukuran dan luas yang lebih representatif dan kondusif. Pada bulan Februari tahun 2006 gedung perpustakaan yang baru mulai digunakan. Selain persoalan gedung, dari waktu ke waktu, jumlah koleksi baik yang berupa buku, jurnal, majalah maupun yang lain juga menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Di samping juga bertambahnya jumlah tenaga pengelola perpustakaan dengan keragaman latar belakang pendidikan dan keahlian masing-masing.

Perpustakaan STAIN Pekalongan berada di tengah Kampus STAIN Pekalongan, Jl. Kusumabangsa No. 9 Pekalongan. Seiring dengan era globalisasi dan liberalisasi informasi serta kemajuan teknologi informasi, Perpustakaan STAIN Pekalongan dikembangkan di atas paradigma baru yang menempatkan Perpustakaan tidak lagi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi lebih dari itu, sebagai pusat dokumentasi, pusat informasi dan pusat layanan keilmuan. Sebagai Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan STAIN Pekalongan berkedudukan sebagai the heart of educational programs bagi fungsi Tri Darma STAIN yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, perpustakaan dituntut dapat melaksanakan aktivitas-aktivitas center of learning yang tidak terbatas pada layanan penyediaan dan peminjaman bahan pustaka, tetapi juga layanan pengembangan akademik lainnya.

Perpustakaan STAIN Pekalongan, sesuai konsentrasi keilmuan STAIN, memberi perhatian besar pada pelayanan dokumentasi dan informasi tentang ilmu-ilmu keislaman dalam arti yang luas. Bahan pustaka yang disediakan terdiri dari sumber-sumber ilmu keislaman klasik maupun modern dari dunia Timur maupun Barat, yang berbahasa Indonesia, Arab maupun Inggris, berupa buku, jurnal, majalah dan referensi-referensi lainnya. Di samping itu, terdapat pula bahan pustaka bidang-bidang ilmu dari disiplin ilmu lainnya, seperti Filsafat, Sosial, Ekonomi, Politik, Budaya, Sejarah, Kesenian dan lain-lain. Dokumen dan sumber informasi yang disediakan terus diupayakan untuk menjangkau pelbagai media cetak maupun audio-visual elektronik dan sarana akses informasi mutakhir lainnya.

GALERI